July 26, 2003


MUSASHI
eiji yoshikawa

Kisah yang ditulis oleh Hidetsugu 'Eiji' Yoshikawa ini menceritakan periode awal kehidupan Musashi hingga usia 28 atau 29 tahun. sesudah ini, Musashi mengundurkan diri dari kehidupan ramai dan kemudian menulis banyak buku yang kini digandrungi orang Amerika karena dianggap sebagai kunci pemahaman akan manusia dan manajemen Jepang. Padahal buku itu berisi uraian musashi tentang permainan samurai. Judul buku itu Gorin no sho atau Buku tentang Lima Cincin.
Kisah novel ini diawali ketika Takezo (kemudian beralih jadi Musashi setelah mendpat pencerahan) dan sahabatnya bangkit dari pingsannya di padang perang Sekigahara. Perang yang menentukan kemenangan Tokugawa. Takezo kembali ke ke desanya dan juga menjadi perusuh. Perusuh ini bisa dijinakkan oleh pendeta Takuan.
Ia dikucilkan di sebuah ruang oleh Takuan selama tiga tahun untuk meditasi dan belajar. Di sinilah ia menemukan pencerahan. Dan ia memutuskan menjadi shugyosha, samurai pengembara. Maka petualangan panjang pun dimulai.
Kyoto, kota pertama yang ditujunya. Ia menentang aliran termasyur saat itu, Yoshioka. Sendirian ia berhasil membunuh 70 lawannya. Sementara itu, ia terus mengembara untuk mematangkan teknik pedangnya dan juga filsafatnya. Sedikit demi sedikit ia sadar bahwa 'pejuang terbaik tidak lagi berkelahi', dan ia pun mulai beralih mencari seni damai: membantu petani mengolah tanah, serta mengorganisir mereka melawan bandit-bandit. Kisah berakhir dengan duel melawan musuh setimpalnya, Sasaki Kojiro.

***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home