January 06, 2004

Rujak Tolet
Gak tau kenapa, kalo orang Madura jualan rujak pasti rasanya enak. Sama seperti ibuk ini, aku udah lama langganan rujak dia, tapi sampe sekarang aku gak tau namanya. Kami, pembeli setianya, selalu memanggil dia dengan sapaan sayang “Ibuk”. Dia gak pernah senyum, selalu pasang muka jutek, sambil nyampur adonan pasti adaaa....aja yang dia omelin. Kalo udah begitu, sambil nunggu pesenan jadi, pasti kita komporin omelin dia. Pernah ada mbak-mbak penjaga bioskop pesen rujak dia, setelah mbak itu pergi. Dia langsung ngomel:
“Sak enak’e dewe, pesen-pesen. Ngono gak nggowo piring dewe. Lek bar mangan, piringku mesti ora dibalekno. Mesti aku dewe sing njukuk. Megelno!”
“Sampeyan yo ngomong tho ambe mbak’e, lek bar mangan, piringnge yo dibalekno.”
“Bosen aku!!! Wis tak kandani pirang kali yo gak ngerewes!”
kalo sudah ngomel dan ngedumel gini, bisa sampe 7 piring adonan rujak belom selesai juga dia ngomel.
Silakan contoh resep rujak tolet dia berikut ini.
Bahan dasar:
Buah untuk rujak.
Gula merah yang sudah dicairkan
Kecap manis
Cabe rawit
Bawang putih diris tipis-tipis dan digoreng
Petis udang
Cara membuat:
Iris tipis-tipis cabe rawit, campur dengan petis, kecap, gula merah cair, bawang putih goreng. Diaduk sampai tercampur, bahan dasar tidak ada yang diulek. Setelah itu taro buah untuk rujak di atas adonan.
Gampang sekali kan?! Tapi soalnya rasa aku gak berani jamin, bolak-balik aku coba sendiri di rumah, tetep aja rasanya beda dengan adonan si ibuk ini. Petisnya kali yah yang bikin beda :P

0 Comments:

Post a Comment

<< Home