October 06, 2003

SEKOLAH ALAM
Sekolah untuk Semua dari Semua




Konsep Sekolah Alam
Sekolah Alam adalah sekolah dengan konsep pendidikan berbasis alam semesta. Dasar dari konsep tersebut adalah Al-Qur’an dan Hadits, bahwa hakikat manusia penciptaan manusia adalah untuk menjadi pemimpin di muka bumi. Dengan demikian hakikat tujuan pendidikan adalah membantu anak didik tumbuh menjadi manusia yang berkarakter. Menjadi manusaia yang tidak saja mampu memanfaatkan apa yang tersedia di alam, tapi juga mampu mencintai dan memelihara lingkungannya.

Belajar dari Semua
Di Sekolah Alam, tidak hanya murid yang belajar. Guru pun belajar dari murid, bahkan orang tua juga belajar dari guru dan anak-anak.
Di Sekolah Alam anak-anak tidak hanya belajar di kelas. Mereka belajar di mana saja. Mereka belajar tidak hanya dari buku tapi dari apa saja yang ada di sekelilingnya. Dan yang jelas mereka belajar tidak untuk mengejar nilai, tapi untuk bisa memanfaatkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.
Dan di Sekolah Alam keseragaman bukan pada apa yang dikenakan, tapi pada akhlaknya.

Sekolah untuk Semua
‘Pendidikan untuk semua’ bukan sekadar slogan di Sekolah Alam. Maknanya bahkan terasa jadi meluas.
Di sini pendidikan benar-benar jadi tanggung jawab bersama antara yayasan, syuro guru, dan orang tua murid. Di sini juga terbuka peluang belajar bagi semua:
- Subsidi silang bagi yang kurang mampu.
- Tidak ada tes masuk yang menyaring siswa dari tingkat kecerdasannya.
- Special need centre bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, baik ‘slow learner' maupun anak autis.
- Anak dengan latar belakang kebangsaan, suku, dan agama apapun bisa bersekolah di sini.

Fun Learning
Belajar di alam terbuka, secara naluriah akan menimbulkan suasana fun, tanpa tekanan dan jauh dari kebosanan. Dengan demikian akan tumbuh kesadaran pada anak, bahwa ‘learning is fun’ dan sekolah identik dengan kegembiraan.
Namun, sebagus apapun konsep yang disusun, tidak akan sempurna hasilnya tanpa guru yang berkualitas dan berdedikasi. Menjaga kualitas dan dedikasi hanya bisa dilakukan bila sang guru mempunyai visi pendidikan yang jelas dan memahami prinsip dasar bahwa setiap individu anak adalah individu yang unik. Untuk mencapai itu semua, Sekolah Alam menempatkan kesejahteraan guru sebagai prioritas utama.

Spider Web
Dalam pembelajaran di sekolah, digunakan sistem Spider Web, di mana suatu tema diintegrasikan dalam semua mata pelajaran. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bersifat integratif, komprehensif, dan aplikatif. Sekaligus juga lebih ‘membumi’.
Kemampuan dasar yang ingin dibangun adalah kemampuan anak untuk membangun jiwa keingintahuan, kemampuan melakukan observasi, dan membuat hipotesa, serta kemampuan menerapkan metode berpikir ilmiah. Sehingga pengetahuan yang didapat bukan sekadar hafalan, tetapi hasil pengalaman dan penemuan mereka sendiri.
Di sini anak juga diarahkan untuk memahami potensi dasar dirinya. Dan di sini, berbeda pendapat dengan guru itu bukan tabu.

Bongkar-bongkar tas, gak sengaja nemu brosur SA. Ya udah di-posting aja. Buat mama Syl dan mama Nita, "HI MOM :)", yang pengen tau lebih banyak tentang SA.

Home Farming Workshop

Setiap Sabtu & Minggu, pukul 09.00-11.30, GreenLab Sekolah Alam mengadakan home farming workshop. Terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari teknik dasar berkebun. Dibimbing tenaga ahli dari GreenLab Sekolah Alam, Anda akan mempelajari semua tahapan dasar berkebun secara organik. Mulai dari menyiapkan media semai, menyemai benih, meindahkan bibit ke media tanam, hingga cara merawattanaman dengan pupuk dan pestisida organik.
Setelah mengikuti pelatihan ini, Anda pun bisa mulai membuat kebun organik sendiri di rumah, untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda akan sayuran segar yang lebih sehat.
Untuk info lebih rinci, hubungi ibu Yalti, 021-70726725.

Waktu open house minggu lalu, bunda beli tomat ama terong. Tomatnya merah-merah, trus terongnya ungu-ungu, kayaknya enak deh =P~.
***

Minggu lalu dapet gambar dan post card keren dari Keiko. Makasih ya Kei, ada gambar pemandangan gunung Fuji *kalo nggak salah*, trus ada kampung nelayan *di mana yah ini?*, nah.... ini yang paling aku suka, gambar geisha-nya, hohohoho..... bagus-bagus kan?
***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home